Rambut-bayi 5 Tips Atasi Rambut Bayi rontok Secara Alami

Selama ini anda hanya sering mendengar permasalahan rambut pada orang dewasa misalnya ketombe dan juga kerontokkan. Namun anda jangan heran anak bayi juga mengalami hal serupa. Rambut halus yang terdapat pada anak bayi lama kelamaan akan rontok secara perlahan. Kerontokkan tersebut merupakan hal yang biasa, dikarenakan pertumbuhan rambut pada bayi berbeda-beda.  Ada beberapa cara untuk mengatasi kerontokkan yang terjadi pada bayi.

Tips Atasi Rambut Bayi Rontok Secara Alami

  1. Asupan gizi yang baik

Bayi tentunya belum bisa makan ataupun memilih makanan yang baik dan sehat bagi dirinya, tetapi anda sebagai orangtua yang berperan aktif untuk pertumbuhan buah hati anda. Sebagai seorang ibu yang terbaik pasti untuk anaknya, konsumsilah makanan yang sehat, dan mengandung gizi yang baik, karena jika makanan yang anda konsumsi baik maka asi yang akan anda hasilkan juga baik untuk pertumbuhan rambut si bayi.

 

  1. Kebersihan kulit kepala dan rambut

Pada umumnya kulit kepala bayi masih terdapat kulit ari (kulit halus yg mengelupas), bersihkanlah kulit tersebut dengan menggunakan minyak zaitun secara berlahan. Jangan sampai memberikan rasa sakit pada kulit kepala bayi anda. Kulit bayi sangatlah sensitif, untuk mendapatkan hasil yang baik dalam masa pertumbuhan rambut anak anda, gunakanlah  hal-hal yang bersifat alami, seperti rumput urang-aring. Jika anda rajin menggunakan rumput urang-aring pada kulit kepala anak, maka ketika anak itu mulai tumbuh rambut, akan tumbuh dengan sehat, kuat dan hitam. Hindari bahan kimia yang akan menghambat pertumbuhan rambut anak.

 

  1. Posisi tidur

Posisi tidur sangat mempengaruhi pertumbuhan rambut pada bayi. Jika terlalu lama tidur dengan posisi yang sama, lama kelamaan rambut bayi tersebut akan rontok. Untuk meghindari terjadinya hal tersebut ubahlah posisi tidur bayi anda dalam beberapa selang waktu.

 

  1. Merawat rambut bayi

Dengan mencuci rambut bayi dua kali dalam satu hari, membersihkan dan menyehatkan kulit kepala. Gunakanlah shampoo yang tidak bikin perih saat terkena mata. Biyarkan selama ± 10 menit, lalu bilas dengan menggunakan air bersih. Kemudian keringkan rambut secara perlahan. Gunakan sisir yang halus dan lembut sehingga rambut bayi akan menjadi lebih indah dan rapi.

 

  1. Pijat lembut kepala bayi

Jangan takut dengan ubun-ubun yang masih lembut, karena tulang tengkorak berada jauh di bawah kulit kepala. Saat sedang mengeramasi rambut bayi, lakukan pijatan lembut pada kulit kepalanya. Pijatan ini sangat berfungsi untuk mengaktifkan kelenjar lemak yang terdapat di kulit kepala. Ketika rutin melakukan pijatan pada kulit kepala, akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal, untuk mempercepat pertumbuhan rambut pada kulit kepala bayi.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membacanya.

 

 

Comments

comments