Asam-Lambung 6 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Asam Lambung

Penyakit asam lambung adalah penyakit yang disebabkan karena lemahnya lingkar otot di bawah esofagus, otot tersebut disebut lower esophageal sphinchter atau LES. Ketika anda sedang mengonsumsi makanan, maka otot tersebut yang berfungsi sebagai pintu akan fleksibel sehingga membiarkan masuk ke dalam lambung. Kemudian otot tersebut akan kembali menegang dan tertutup, agar makanan dan asam lambung tidak bisa naik ke atas hingga ke bagian kerongkongan.

Begitu juga yang terjadi pada lambung penderita penyakit asam lambung, dimana otot yang berfungsi menahan asam lambung dan makanan tidak naik mengalami kelemahan dan tidak berfungsi secara optimal. Sehingga asam lambung bisa mudah naik dan mengakibatkan rasa perih, mual dan kembung. Kejadian melemahnya otot tersebut bi disebabkan oleh beberapa faktor, seperti obesitas, banyak mengonsumsi kopi, cokelat dan makanan-makanan lain yang dapat melemahkan otot penahan asam lambung tersebut.

Dan ketika anda sudah menderita penyakit asam lambung, banyak jenis makanan yang harus anda hindari guna dampak naiknya asam lambung tidak anda rasakan. pasalnya ketika asam lambung anda naik, maka anda akan merasakan nyeri di bagian ulu hati, terasa panas di bagian dada hingga perut terasa kembung dan tidak nyaman. Anda harus mewaspadai macam-macam makanan yang anda konsumsi agar penyakit asam lambung anda tidak mudah kambuh. Layaknya seperti penyakit maag, asam lambung juga menjadi salah satu penyakit lambung yang cukup berbahaya dan dapat berdampak pada kematian.

Mengonsumsi makanan yang berlemak, makanan pedas, asam dapat memicu penyakit asam lambung anda kambuh kembali. Pasalnya pada makanan tersebut merupakan jenis makanan yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna, sehingga kemungkinan naiknya asam lambung juga semakin tinggi akibat makanan tersebut. Nah untuk menghindari dan mengurangi penyakit asam lambung yang ada derita kembali kambuh, pastikan asupan makanan yang anda konumsi benar-benar memiliki kandungan yang tidak memicu kambuhnya asam lambung anda. Dan berikut makanan yang sebaiknya anda konsumsi khususnya bagi anda penderita asam lambung.

Sayuran Hijau

Sayuran memiliki kandungan yang mampu menurunkan kadar asam lambung anda, khususnya sayuran yang berwarna hijau seperti mentimun, buncis, kembang kol dan brokoli. Selain baik untuk menjaga naiknya asam lambung, sayuran diklaim mampu melancarkan sistem pencernaan serta menyehatkan tubuh anda. Jadi bagi anda penderita asam lambung sebaiknya perbanyak konsumsi sayuran hijau agar penyakit asam lambung yang anda derita dapat tutun.

Konsumsi Oatmeal

Bagi penderita asam lambung, makanan kaya serat adalah salah satu makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi, pasalnya serat pada makanan tersebut mampu menyerap asam lambung dan mencegahnya naik. Adapun makanan berserat yang sebaiknya adan konsumsi adalah oatmeal, selain mampu mengatasi masalah asam lambung, oatmeal juga kaya karbohidrat yang membuat anda merasa kenyang lebih lama.

Daging Tanpa Lemak

Selanjutnya, jenis makanan yang baik untuk anda konsumsi agar tidak menaikkan asam lambung adalah daging tanpa lemak, paslanya kemak, makanan berminyak sangat tidak disarankan untuk anda konsumsi karena mampu meningkatkan asam lambung dengan cepat. Jadi sangat disarankan bagi anda penderita asam lambung yang ingin mengonsumsi daging atau ikan, maka pastika daging tersbeut rendah kandungan lemak di dalamnya,

Konsumsi Ludah Buaya

Selain dapat memberikan manfaat terhadap masalah kecantikan dan perawatan tubuh, lidah buata beserta kandungan yang dimilikinya juga mampu mengobati penyakit asam kambung. Adan bisa mengonsumsi lidah buaya sebagai jus atau dalam bentuk minuman.

Konsumsi Jahe

Makanan selanjutnya yang sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita asam kambung adaah jahe, kandungan antiinflamasi di dalamnya selain dapat meredakan sakit maag, jahe juga meredakan dan menurunkan asam lambung, Anda bisa mengonsumsi jahe dengan cara merubahnya menjadi minuman jehe segar.

Konsumsi Buah Pisang

Selain sayuran, buah-buahan juga sangat baik menurunkan asam lambung. kandungan pH di dalamnya dapat melancarkan siste pencernaan dan menyembuhkan penykait asam lambung.

Jangan anda remehkan penyakit yang satu ini, meskipin hanya ganguan pada lambung dan sistem pencernaan. Penyakit asam lambung yang sudah pada levelĀ  berbahaya dapat mengakibatkan kematian pada anda. Silahkan jauhi makanan pantangan asam lambung serta rajinlah mengonsumsi makanan yang mampu menurunkan asam lambung spertti yang tlah kita sebutkan di atas.

Comments

comments