mencegah-usus-buntu Beberapa Cara Mudah Mencegah Penyakit Usus Buntu

mencegah usus buntu

Usus buntu merupakan organ kecil yang hampir mirip  seperti cacing. Keberadaan usus buntu dekat usus kecil dan tersambung dengan usus besar. Biasanya gangguan kesehatan tersebut terjadi akibat peradangan pada usus buntu, sehingga pembekakan juga berisiko pecah di dalamnya. Kondisi inilah yang membuat serius dan harus dicegah gejala penyakitnya, karena mampu menjadi tahap akut.

Mencegah usus buntu sejak dini dengan mengenali gejalanya adalah jalan terbaik. Pasalnya jika usus buntu sudah parah, maka jalan satu-satunya adalah dilakukan tindakan operasi. Bisa dikatakan radang usus buntu merupakan penyakit berbahaya. Hal tersebut dapat mengancam jiwa, siapa saja bisa terserang baik muda, dewasa, maupun lanjut usia. Untuk itu beberapa cara mudah mencegah penyakit usus buntu adalah sebagai berikut.

Mencegah Penyakit Usus Buntu Secara Mudah

1.Jangan Menunda untuk Buang  Air Besar

Meskipun menunda buang air besar terlihat sepele, namun kebiasaan buruk ini mampu menyebabkan radang usus buntu. Apabila ditahan akan mengakibatkan feses menumpuk serta mengeras, sehingga dapat terjadi penyumbatan pada usus dan pada akhirnya bisa meningkatkan resiko terjadinya radang usus buntu. Bukan hanya itu, menahan untuk membuang gas dari dalam perut juga akan menimbulkan gangguan pada usus buntu.

2.Mengkonsumsi Makanan Tinggi Serat

Para penelitian, membuktikan bahwa kasus penyakit usus buntu jarang terjadi pada mereka yang memiliki sistem pencernaan yang lancar. Salah satu penyebab terjadinya radang pada usus buntu adalah feses yang menumpuk, sehingga mengakibatkan penyumbatan. Mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung kadar serat tinggi akan mengurangi risiko feses menjadi keras, dan dapat melancarkan sistem pencernaan tubuh.

3.Perbanyak Minum Air Putih

Air putih memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, selain untuk mengatasi maupun mencegah berbagai penyakit membahayakan lainnya. Hanya dengan mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari bisa mencegah terjadinya radang usus buntu. Membiasakan diri untuk mengkonsumsi air putih dengan cukup setiap harinya. Terlebih bagi anda yang beraktifitas duduk di depan layar komputer, sebaiknya perbanyak minum air putih.

4.Kenali Gejala Awal Penyakit Usus Buntu

Selanjutnya cara mencegah penyakit usus buntu dengan memahami setiap gejala awalnya. Apabila anda merasa gejala awal seperti kembung atau perut bengkak, dan sakit pada perut bagian kanan bawah. Maka dari itu, segera periksakan ke dokter agar mendapat penanganan lebih bagian kanan bawah. Hal tersebut agar bisa mendapatkan penanganan lebih dini, sehingga mampu mengurangi risiko infeksi yang serius pada usus buntu.

5.Tidur Teratur dan Berkuaitas

Seseorang yang tidur tidak teratur juga bisa terkena radang usus buntu. Alasan utama ketika tidur tidak teratur, memungkinkan sistem metabolisme tubuh menjdi tidak normal. Sistem metabolisme yang kurang bagus akan berpengaruh dalam kinerja organ pencernaan. Oleh sebab itu, untuk mencegah terjadinya radang usus buntu sebaiknya kita tidur berkualitas dan secara teratur.

Demikian cara mencegah penyakit usus buntu yang harus anda ketahui. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan bisa dijadikan pelajaran dari pencegahan suatu penyakit.

 

Comments

comments