mengatasi-asam-urat Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

mengatasi asam urat

Asam urat memang lebih banyak menyerang kaum pria diusia senja. Penyakit yang satu ini terlihat jarang menyerang kalangan wanita, karena mereka memiliki hormon estrogen yang mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Meskipun demikian, tetap saja asam urat dapat menyerang siapapun terutama seseorang yang telah  berusia lebih dari 30 tahun atau 60 tahunan.

Penyakit asam urat tidak banyak menyebabkan komplikasi, namun hal semacam ini patut diwaspadi. Biasanya jenis komplikasi asam urat yang sering muncul di antara lain seperti, munculnya benjolan keras pada bagian sekitar peradangan atau kerusakan persendian secara permanen. Nah, berikut ini cara mengobati asam urat secara alami.

Obat Alami Atasi Penyakit Asam Urat

1.Konsumsi Jus Buah Cerry

Buah cerry mempunyai kandungan senyawa asam yang cukup pekat. Adapun kandungan asam tersebut mampu mengimbangi kadar asam urat yang ada di dalam darah dan urine. Selain itu, buah cerry juga mengandung kalium dan nutrisi, sehingga mampu membantu meringankan rasa sakit pada persendian. Buah cerry memiliki kandungan antioksidan dan anti-inflamasi tinggi yang mampu membantu mencegah radikal bebas berbahaya.

2.Perbanyak Konsumsi Vitamin C

Obat asam urat tradisional menggunakan konsumsi vitamin C. Jenis vitamin tersebut cukup efektif untuk mengatasi peradangan sendi yang muncul secara tiba-tiba. Bahkan kandungan antioksidan juga terbukti mampu meringkankan nyeri dan mencegah efek buruk radikal bebas. Sejauh ini sumber vitamin C paling tinggi dipegang oleh jambu. Oleh sebab itu, jus jambu sebaiknya dikonsumsi secara rutin ketika pagi hari agar mencegah asam urat.

3.Daun Sosor Bebek

Racikan herbal ini sudah terbukti secara turun temurun efektif dalam mengatasi asam urat. Siapkan bahannya dulu seperti 5 butir dari cengkeh, dan 5 butir dari kapulaga, dengan 4 lembar dari daun sosor bebek, dan 1 jari dari kayu manis, dengan 5 gram dari biji pala, 10 gram jahe, dan air 600 ml. Rebuslah bahan-bahan tadi dengan 600 ml air hingga tersisa setengahnya. Bagi menjadi tiga atau per gelas 100ml,  konsumsi rutin sebanyak 3x sehari.

4.Daun Salam

Daun salam mengandung kalium yang terbukti mampu menurunkan kadar asam urat dengan cepat. Siapkan terlebih dahulu 10 lembar daun salam dan 2 gelas air, lalu bersihkan dan rebus daun salam tadi dengan 2 gelas air. Tunggu hingga rebusan mendidih dan menyisakan 1 gelas air. Konsumsilah air rebusan daun salam tadi secara rutin maksimal 3 hari dua kali selama 1 bulan.

5.Cengkeh dan Ubi Jalar

Satu lagi ramuan herbal turun temurun yang dapat mengobati asam urat. Pertama-tama sediakan bahan seperti, 5 butir dari cengkeh, dengan 5 butir kapulaga, dan 1 jari dari kayu manis, biji pala 5 gr, 15 gr jahe merah, air 1000 ml, serta 200 gram dari ubi jalar. Cuci bersih danrebus dengan 1000ml air hingga mendidih. Saring air tersebut, kemudian konsumsi selagi masih hangat. Untuk ubi jalarnya, anda bisa mengonsumsi langsung secara terpisah.

 

Comments

comments