mengatasi-tidur-mendengkur Cara Mudah Mengatasi Tidur Yang Mendengkur

mengatasi tidur mendengkur

Mendengkur tejadi karena udara yang masuk melalui hidung dan mulut menjadi terhalang akibat adanya penyempitan saluran udara. Dengan begitu obstruksi jalan udara tersebut akan membentuk bunyi yang keras, ketika jaringan dalam saluran udara bergetar akibat udara masuk. Berdasarkan metabolisme tubuh seseorang akan mengeluarkan napas melalui hidung sebanyak 28 ribu kali seharinya.

Seperti yang kita tahu bahwa tidur yang mendengkur akan sangat mengganggu kenyamanan waktu  tidur orang lain. Rasa nyaman tanpa gangguan ngorok merupakan keinginan semua orang. Meskipun demikian, sebetulnya mendengkur bisa menandakan adanya penyakit dalam tubuh. Mendengkur bisa jadi gejala obstructive sleep apnea , nafas berulang kali berhenti dan berlanjut saat tertidur. Nah, berikut cara mudah mengatasi tidur mendengkur.

Tips Jitu Atasi Cara Tidur Yang Mendengkur

1.Angkat Posisi Kepala Anda Saat Tidur

Biasanya posisi kepala ketika tidur mempengaruhi mendengkur atau tidaknya seseorang. Kebanyakan orang akan mendengkur karena posisi kepala mereka yang terletak jauh ke belakang dari letak bantal. Cobalah untuk menggunakan bantal yang lebih untuk menopang kepala. Upayakan posisi kepala anda lebih dari 4 inches atau lebih dari posisi biasanya. Kondisi ini akan membantu anda untuk membersihkan penghalang di bagian tenggorokan.

2.Ubah Posisi Tidur

Menurut penelitian, tidur dengan posisi terlentang membuat anda untuk mendengkur. Pasalnya tidur dengan bertumpu pada punggung bisa membuat pangkal lidah dan langit-langit lunak terutama pada mulut menutupi dinding tenggorokan, sehingga menyebabkan getaran suara saat tidur. Untuk mengantisipasinya, anda harus tidur dengan posisi menyamping. Hal semacam ini lambat laut akan mengurangi kebiasaan mendengkur.

3.Tidur Yang Cukup

Siapa sangka kurang tidur atau memiliki jadwal tidur yang buruk bisa memicu anda untuk mendengkur. Sebagai contoh anda terlalu sibuk bekerja hingga lupa meluangkan waktu yang cukup untuk tidur. Ketika anda sudah mencapai titik kelelahan yang sangat parah, kondisi otot-otot akan berubah menjadi tidak tegang sehingga membuat anda  tidur mendengkur. Pastikan anda bisa mengatur waktu tidur siang maupun malam secara baik.

4.Cuci Hidung dengan Air Garam

Mendengkur bisa jadi dipicu oleh hidung tersumbat, sehingga harus ditangani dengan cara membuka saluran rongga hidung agar tetap terbuka. Dengan begitu akan mampu melancarkan peredaran udara. Jika rongga hidung tersumbat akibat flu atau hal lainnya, maka aliran udara yang masuk bisa berubah menjadi dengkuran. Oleh karena itu, anda bisa mencuci hidung dengan larutan air garam atau bisa mandi dengan air hangat sebelum tidur.

5.Senam Tenggorokan

Sebaiknya sebelum tidur, anda lakukan senam tenggorokan guna menghilangkan dengkuran saat tertidur. Anda cukup membuka mulut selebar mungkin, dan meregangkan rahang ke satu sisi yakni dengan memegang rahan tersebut selama 30 detik. Ulangi cara tersebut pada rahang lain. Lakukan pula menjulurkan lidah sejauh yang anda bisa. Cara senam tenggorokan akan membantu melonggarkan otot tenggorokan.

 

Itulah cara mudah mengatasi tidur yang mendengkur, semoga bermanfaat bagi kita semua. Pastikan anda menggunakan cara tersebut dengan baik dan benar.

 

Comments

comments