gejala-kanker-otak Gejala Awal Kanker Otak Yang Perlu Diwaspadai

gejala kanker otak

 

Kanker otak merupakan salah satu penyakit yang mematikan karena selalu menggerogoti seluruh tubuh. Maka tak heran jika jenis kanker ini mampu mengancam nyawa, dimana hanya bermula dari gejala-gejala biasa yang bersifat umum. Mendeteksi lebih awal dapat meningkatkan efektifitas penanganan potensi kanker otak, sehingga tidak akan terjadi lebih parah atau penyakit yang lebih serius.

Adapun cara terbaik menangani kanker adalah dengan melakukan pencegahan awal baik yang telah terjadi maupun mungkin berkembang di dalam tubuh. Meskipun demikian, sebagian besar gejala kanker dapar bersifat sungkar dideteksi. Karena itulah, luangkan waktu untuk memeriksakan gejala-gejala yang ada. Nah, inilah gejala awal kanker otak yang perlu diwaspadai bagi setiap orang.

Kenali Gejala Kanker Otak Yang Harus Diwaspadai

1.Rasa Sakit pada Bagian Tubuh Tertentu

Rasa nyeri dirasakan dapat menjadi petanda bahwa kanker telah menyebar ke bagian lain pada tubuh. Adapun sakit kepala yang terjadi secara terus menerus dapat menjadi salah satu gejala awal tumor otak. Sementara itu, nyeri di bagian punggung akan mampu memberikan gejala kanker ovarium, kanker usus, dan kanker dubur. Namun nyeri sendi atau otot yang tidak kunjung hilang juga perlu diwaspadai.

2.Kelelahan yang Tidak Kunjung Reda

Mungkin anda selalu merasa lelah, meskipun sudah beristirahat secukupnya  sehingga dapat menjadi gejala kanker, terutama jika disertai gejala lain seperti darah pada tinja. Adapun kelelahan ini dapat menjadi tanda bahwa kanker sedang berkembang. Sebaiknya rasa lelah tersebut harus diatasi pula dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, sehingga akan menumbuhkan energi di dalam tubuh.

3.Berat Badan Turun secara Drastis

Penurunan berat badan hingga 4,5 kilogaram atau lebih dalam waktu singkat tanpa sebab yang jelas mampu menjadi salah satu petanda yang patut diwaspadai. Adapun kanker otak akan menimbulkan dengan gejala awal beripa penurunna berat badan secara drastis tanpa usaha apapun. Hal semacam ini berlaku juga pada penderita kanker pankreas, kanker perut, dan kanker paru-paru.

4.Perubahan pada Kulit

Perubahan pada ukuran, warna, dan bentuk tahi lalat atau permukaan kulit lain. Perubahan-perubahan tersebut dapat berupa pertumbuhan rambut yang berlebihan, hiperpigmentasi atau warna kulit menjadi lebih gelap, kulit dan mata menjadi kekuningan, hingga gatal-gatal. Benjolan pada kulit yang tidak kunjung hilang juga patut diwaspadai. Perubahan pada kelenjar getah bening yang sering ditandai dengan adanya benjolan sebenarnya adalah hal yang umum saat terjadi infeksi. Namun perubahan tersebut dapat menjadi indikasi adanya limfoma ataupun leukemia.

5.Perut Kembung

Mengalami perut kembung yang terasa terus menerus diiringi pendarahan dari vagina atau penurunan berat badan secara siginifikan bisa menjadi petanda adanya kanker ovarium. Biasanya tes darah, pemeriksaan panggul, atau USG diperlukan untuk mendeteksi kemungkinkan tersebut. Maka  dari itu, perhatikan betul ketika gejala awal perut kembung yang seringkali terjadi bersamaan dengan masuk angin.

Mungkin itu saja Gejala Awal Kanker Otak Yang Perlu Diwaspadai, semoga bermanfaat bagi anda semua. Sekian dan terima kasih.

 

Comments

comments