penyebab-katarak Inilah 8 Penyebab Katarak Yang Harus Kita Waspadai

penyebab katarak

 

 

Penyebab katarak merupakan sesuatu yang menyebabkan lensa mata menjadi buram atau keruh, sehingga mengakibatkan daya lihat menurun. Luasnya katarak menjadi tolak ukur separah apa masalah penglihatan anda. Bila katarak berada di pusat lensa, secara signifikan akan mempengaruhi daya lihat, tetapi bila di tepi lensa pengaruhnya tidak akan terlalu signifikan. Selain itu katarak bisa mempengaruhi satu atau dua mata sekaligus pada waktu bersamaan.

Sekarang ini, penyakit katarak merupakan penyumbang terbanyak penyebab kebutaan di dunia. Bahkan informasi yang dikutip dari berbagai sumber mengungkapkan bila negara Indonesia menduduki peringkat ke-2 sebagai negara penderita katarak terbanyak.

Anda harus tahu bila ciri utama dari katarak ini yaitu kabut pada mata, silau, penglihatan buram, penglihatan double, serta kesulitan melihat pada saat malam. Penyakit ini sering juga disebut penyakit lansia, karena penyebab umum katarak sampai 80 % penderitanya adalah mereka yang sudah berusia lanjut, atau 40 tahun keatas.

Proses penuaan merupakan penyebab utama katarak. Akan tetapi selain itu, ada juga beberapa penyebab katarak lainnya, bagaimana seseorang bisa mengidap penyakit mata katarak? Yuk, kita simak selengkapnya dibawah ini :

Penyebab Katarak Pada Mata

Trauma / cedera

Adanya cedera di area mata bisa menjadi penyebab terganggunya fungsi mata seperti mengalami penebalan, pembengkakan, serta pemutihan serat lensa. Pada umumnya cidera ini dapat sembuh sendiri meskipun warna putihnya tetap ada. Akan tetapi saat mengalami cedera berat seperti luka yang menembus mata, maka kapsul yang ada di bawah lensa akan mengalami kerusakan. Kerusakan ini bisa membuat cairan di area lain dengan cepat masuk ke lensa dan mengakibatkan pemutihan lensa,   pembengkakan , serta mengakibatkan cahaya dari retina dibelakang mata jadi terhalang.

Genetika

Faktor genetik kuat yang menjadi penyebab katarak di masa kecil bisa disebabkan oleh sindrom tertentu. Beberapa faktor genetik yang diturunkan, menjadi penyebab meningkatnya resiko katarak. Contohnya seperti, kelainan kromosom, sindrom Down, sindrom penghapusan , sindrom cri-du-chatting, serta sindrom turner.

Radiasi

Sinar ultraviolet sudah terbukti menjadi salah satu penyebab katarak . Dengan pemakaian kacamata hitam saat usia dini bisa menghambat perkembangan katarak di waktu yang akan datang. Selain itu radiasi microwave juga menjadi salah satu faktor penyebab katarak. Mekanisme yang terjadi yaitu kerusakan langsung di lensa dari  tekanan gelombang induksi didalam aqueous humor.

Penyakit kulit

Lensa dan kulit mempunyai asal embriologis yang sama serta bisa juga dipengaruhi penyakit yang sama. Salah satunya yaitu eksim dan dermatitis atopik sesekali dapat mengganggu perisai katarak.

Usia

Usia merupakan pemicu umum penyebab katarak mata. Hal ini karena protein dalam lensa dari waktu ke waktu mengalami penurunan. Faktor penyebab ini dapat juga dipercepat oleh penyakit lain seperti hipertensi dan diabetes.  Faktor lingkungan misalnya, radiasi, racun,  serta sinar ultraviolet , mempunyai efek kumulatif.  Hal ini semakin bertambah parah lagi karena hilangnya  pelindung dan restoratif karena adanya perubahan didalam ekspresi gen dan proses kimia pada mata.

Rokok

Kebiasaan merokok secara signifikan dapat memicu resiko penyakit katarak, daripada orang yang tidak merokok. Ada sebuah studi mengungkapkan bila orang yang merokok mempunyai potensi 2 kali lipat mengidap katarak. Hal ini karena rokok dapat mengubah sel lensa melalui oksidasi serta mengakumulasi logam berat seperti cadmium di area lensa.

Alkohol

Alkohol merupakan masalah terbesar homeostasis kalsium di area lensa, mengubah interaksi protein, serta memicu kerusakan membran. Ada banyak studi mengungkapkan bila mengkonsumsi alkohol secara berlebih akan meningkatan resiko serius penyebab katarak.

Obat-obatan

Ada beberapa jenis obat, misalnya inhalasi kortikosteroid bisa menjadi pemicu berkembangnya katarak. Selain itu obat statin, Peneliti dari University of Waterloo, Kanada, menjelaskan jika orang yang mengkonsumsi statin mempunyai resiko lebih tinggi untuk menderita katarak.

Nah, dengan demikian, langkah terbaik yang harus dilakukan untuk mencegah katarak yaitu dengan melakukan pola hidup yang sehat. Ada 4 pola hidup sehat yang bisa anda lakukan sebagai upaya pencegahan atau penghambat berkembangnya katarak. Contohnya seperti, mengkonsumsi makanan sehat, hindari makanan yang tidak baik untuk mata, rutin memeriksakan diri ke dokter serta memelihara berat badan ideal. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

Comments

comments