Kekurangan-Vitamin-D- Inilah Bahaya Kekurangan Vitamin D Pada Tubuh

Kekurangan Vitamin D-

Tubuh sejatinya membutuhkan asupan gizi dan vitamin setiap harinya, beragam vitamin yang dibutuhkan tubuh berguna untuk metabolisme serta menguatkan kinerja organ dalam tubuh. Melengkapi semua kebutuhan vitamin yang dibutuhkan tubuh biasanya dilakukan melalui makanan serta suplemen. namun semua makanan yang kita konsumsi terkadang tidak mengandung semua jenis vitamin yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Misalnya saja Vitamin D, ketika anda mengonsumsi makanan belum tentu di dalam makanan anda sudah mengandung vitamin D untuk melengkapi kebutuhannya dalam tubuh.

Sumber Vitamin D bisa beragam, mulai dari ikan, hati ikan, gandung, olahan susu serta kuning telur. Sementara kebutuhan vitamin D dalam tubuh setiap harinya cukup banyak, pasalnya dengan vitamin D proses pertumbuhan tulang, otot serta dapat menstabilkan tekanan darah tinggi. Sehingga kekurangan jumlah asupan vitamin D setiap harinya dapat berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh. Kekurangan vitamin D tak hanya kerap diderita oleh para lansia, semua umur berkesempatan memiliki risiko kekurangan vitamin D. Padahal, jika kita teliti lebih lanjut, sumber vitamin D yang bisa kita dapatkan ternyata tak hanya dari makanan saja, sinar matahari pagi dapat dirubah tubuh menjadi Vitamin D, sehingga kebutuhan vitamin D pada tubuh bisa terlengkapi dengan sinar matahari ini.

Vitamin D adalah salah satu jenis vitamin yang memiliki andil besar terhadap metabolisme tubuh serta kelancaran organ lain. Ada banyak macam penyakit atau masalah kesehatan yang akan kita derita jika tetap tak peduli dengan pentingnya vitamin D pada tubuh anda. Bahaya kekurangan vitamin D ternyata terjadi tak hanya pada orang dewasa saja, bayi pun kerap mengalami masalah kekurangan vitamin D dalam tubuhnya, sehingga banyak penyakit dan organ dalam tubuhnya mengalami beberapa penyakit berbahaya.

  1. Bayi yang mengalami kekurangan asupan vitamin D dapat berdampak pada proses tumbuh kembangnya. Selain itu bayi yang mengalami kekurangan vitamin D dalam kategori berat dapat mengalami kejang, kaku otot serta dapat mengakibatkan kesulitan bernapas.
  2. Selain itu, sebuah keluarga yang anak-anak mereka kerap mengalami kekurangan vitamin D dapat mengalami gangguan pertumbuhan, kaki bayi akan terlihat melengkung dan bongkok. Jadi ketika menginginkan bayi anda sehat dan terhindar dari beragam masalah kesehatan, penuhilah asupan vitamin D setiap hari agar fungsi organ di dalam tubuh dapat lebih maksimal.

Kekurangan vitamin D memang tak hanya terjadi pada orang dewasa saja, bayi juga membutuhkan vitamin D untuk memperlancar proses tumbuh kembangnya. Lalu seperti apa saja kelainan atau penyakit yang akan timbul jika kekurangan vitamin D bagi orang dewasa.

Penyakit Jantung

Tubuh yang mengalami kekurangan vitamin D pada orang dewasa mamang sering terjadi dan tak pernah di sadari sebelumnya. Kekurangan vitamin di disinyalir mampu mengakibatkan penyakit jantung. Hal itu sudah didasari dengan sebuah temuan, dimana terdapat 70% pasien yang mengalami penyakit jantung berawal dari kurangnya kadar Vitamin D di dalam tubuh

Kanker Prostat

Penyakit lain yang anda derita jika kekurangan vitamin D sangat beragam, salah satunya adalah kanker prostat. Dimana penyakit ini biasanya akan timbul pada laki-laki saja. Sebuah study juga sudah membuktikan mereka yang memiliki kandungan vitamin D cukup di dalam tubuhnya lebih sedikit berisiko terkena kanker prostat.

Sjuzoewnia (kelainan Otak)

Tak hanya jantung dan kanker saja yang akan anda derita jika mengalami kekurangan vitamin D. Skizofrenia merupakan jenis penyakit yang menyerang otak hingga dalam kondisi parah. Gejala penyakit ini pun beragam seperti halusinasi, bicara ngelantur serta kesulitan konsentrasi. Penyakit berbahaya akibat kekurangan vitamin D. Skizofrenia adalah jenis penyakit yang masih bisa ditangani melalui pengobatan dokter, terapi dan lain sebagainya.

Jadi meskipun vitamin D tidak sepopuler vitamin C dan vitamin lainnya, ternyata akibat kekurangan vitamin D ini dapat mengakibatkan beragam masalah kesehatan yang dapat membahayakan diri anda. Bagi anda yang ingin tetap melengkapi vitamin D di dalam tubuh, sebaiknya jangan lewatkan vitamin D yang berasal dari sinar matahari pagi, pasalnya vitamin D dari sinar matahari jauh lebih baik dan cocok untuk melengkapi kebutuhan vitamin D dalam tubuh.

Comments

comments