Penyakit-yang-Menyebabkan-kebutaan Inilah Penyakit yang Dapat menyebabkan Mata Buta

Penyakit yang Menyebabkan kebutaan

Mata menjadi salah satu dari lima indera penting yang kita miliki, menjaga semua panca inera tersebut adalah kewajiban yang harus kita lakukan. Pasalnya jika satu saja panca indera tersebut mengalami masalah, maka banyak aktivitas dan kegiatan yang tidak bisa maksimal kita lakukan. Kelainan yang terjadi pada mata memang beragam, mulai dari infeksi mata, mata minus hingga kebutaan. Pada kondisi buta, maka tidak dapat lagi melihat apapun, bahkan cahaya sekalipun. hal itu karena kornea mata sudah tak lagi berfungsi untuk menangkap dan memantulkan cahaya.

Penyebab mata buta sangat beragam, namun kebanyakan dari mereka yang menderita kebutaan disebabkan oleh cacat sejak lahir, cedera hingga gangguan pada mata. Namun ternyata yang menjadi penyebab kebutaan tidak hanya karena faktor tersebut sapa, dan keadaan mata buta bisa terjadi kepada siapa saja tak mengenal usia baik pria maupun wanita. Di negara kita, orang yang menderita kebutaan baik karena faktor genetik maupun yang disebabkan faktor lainnya terbilang cukup banyak.

Ada berbapa kondisi penyakit yang mampu mengakibatkan kebutaan pada mata, penyakit-penyakit tersebut tak sertamerta penyakit yang terjadi pada mata saja. Dan berikut kami rangkum beberapa kondisi penyakit yang dapat menyebabkan kebutaan.

Karena Katarak

Katarak adalah jenis kelianan pada mata yang kerap dialami oleh para lansia, dimana mata terlihat keruh dan mengakibatkan pandangan menjadi kabur. Namun katar juga bisa diderita oleh siapa saja, bahkan anak kecil yang terlahir dalam kondisi katarak juga banyak. Selain karena faktor usia, katar bisa terjadi akibat cedera, peradangan serta beberapa penyakit mata yang dialami sesorang. Belum ada cara ampuh untuk mencegah mata katarak, namun menunda dan mengurangi perkembangan katarak mata bisa di atas, seperti misalnya menguangi rokok, dan menjauhi paparan sinar ultraviolet secara langsung pada mata. Dalam kondisi yang masih belum parah, katarak bisa diatasi dengan mengonsumsi obat serta agar pandangan tetap jelas bisa menggunakan bantuan kacamata. Katarak yang sudah sangat parah akan mengganggu penglihatan dan bahkan dapat mengakibatkan kebutaan. Biasanya pada kondisi ini jalan satu-satunya adalah dengan melakukan operasi katarak sebelum berlanjut pada kebutaan permanen.

Akibat Penyakit Glaukoma

Terjadinya peningkatan tekanan pada bola mata yang dapat mengganggu saraf mata dan terus memburuk adalah gejala penyakit Glaukoma. Jenis penyakit mata yang satu ini lebih cenderung terjadi karena faktor genetik dan semakin jelas gejalanya ketika memasuki usia tua. Penyakit glaukoma memiliki gejala seperti nyeri pada mata, mata merah serta melihat terdapat lingkaran cahaya pada saat melihat cahaya lampu. Selain itu akibat penyakit glaukoma ini penglihatan akan menjadi kabur serta kerap disertai rasa mual dan muntah. Ketika anda menderita penyakit ini belum ada tindakan pencegahan yang mampu menghindari penyakit glaukoma ini. Dalam kondisi yang sudah cukup parah, penyakit ini mampu mengakibatkan kebutaan. Dan biasanya metode pengobatan penyakit glaukoma dengan cara melakukan bedah medis atau operasi.

Penyakit Diabetes

Siapa sangka bahwa diabetes mellitus juga dapat mengakibatakan mata buta. Ketika kadar gula darah dalam tubuh sudah sangat tinggi, maka kadar gula darah berlebih tersebut akan merusak pembuluh darah pada lapisan mata bagian belakang. Lapisan tersbeut adalah area sinsitif untuk menangkap cahaya dan dipantulkan agar penglihatan berfungsi. Dalam kondisi ini, retina mata akan mengalami kekyrangan asupan cahaya dan nutrisi. sehingga penglihatan anda menjadi kabur dan jika terus berlanjut maka bisa mengakibatkan mata buta. Sebelum kondisi gangguan mata akibat diabetes semakin parah, biasanya dokter akan melakukan pengobatan menggunakan laser dan metod vitrektomi.

Akibat Penyakit Trakoma adalah sejenis infeksi yang dapat menjalar melalui cairan, mata dan hising. Infeksi trakoma biasanya memiliki gejala seperti iritasi ringan, keluarnya nanah atau kotoran pada mata hingga pengilhatan kabur.

kelainan dan masalah mata tersebut merupakan beberapa jenis penyakit yang risikonya dapat membuat mata buta. jadi bagi anda yang tidak menginginkan kebutaan, maka sebaiknya hindari penyebab mata menjadi buta. Karena meski bagai manapun, dengan memiliki kondisi

Comments

comments