Makanan-Pantangan-Kolesterol-1 Makanan Pantangan Bagi Penderita Kolesterol dan Asam Urat

Makanan Pantangan Kolesterol

Penyakit asam urat adalah penyakit yang terjadi pada organ tubuh dengan gejala rasa nyeri di bagian persendian, selain nyeri rasa perih, kaku dan bahkan dapat membengkak juga menjadi gejala asam urat. Biasanya asam urat kerap terjadi di bagian persendian jari kaki seperti jempol kaki atau bisa juga terjadi pada persendian tubuh lainnya. Asam urat sendiri merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya penumpukan zat yang disebut asam urat di dalam darah, kelebihan zat tersebut dapat mengganggu metabolisme tubuh. Selain karena penumpukan zat tersebut, kolesterol juga menjadi salah satu penyebab penyakit asam urat.

Ketika anda mengalami penyakit ini, kondisi sendi, otot dan tulang anda mengalami gangguan. Dan gejalanya akan terlihat dengan terjadinya pembengkakan di bagian persendian, rasa nyeri akibat penyakit asam urat terkadang memang sangat mengganggu dan tak tertahankan, apalagi jika asam urat terjadi pada bagian persendian kaki anda seperti lutut atau pergelangan kaki. hal itu membuat anda sulit melakukan aktivitas seperti berjalan dan berdiri. Selain nyeri, pembengkakan pada persendian juga menimbulkan rasa ngilu dan sakit yang akan mengganggu aktivitas anda sehari-hari.

Kondisi tubuh yang mengalami gejala asam urat tentu mengharuskan anda menjaga pola konsumsi agar penyakit tersebut tidak semakin parah, apalagi jika asam urat tersebut disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi dalam tubuh anda. Memperbaiki pola makan yang sehat serta gaya hidup dan olahraga secara teratur dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah asam urat dan kolesterol dalam tubuh anda. Selain itu, bagi penderita asam urat ternyata tidak semua makanan bisa sesuka hati untuk dikonsumsi, ada beberapa makanan yang mengandung purin yang jika dikonsumsi malah justru akan memperparah kondisi asam urat yang anda derita.

Jadi sebaiknya, bagi anda yang sedang menderita atau memiliki penyakit asam urat, sebaiknya hindari beberapa makanan berikut ini. Karena makanan-makanan ini menjadi makanan pantangan bagi penderita asam urat dan akan semakin memperparah penyakit tersebut.

Mengonsumsi Jeroan

Jeroan adalah jenis makanan dari organ dalam hewan seperti ayam, kambing atau sapi. Jeroan bisa berupa rempela, babat, hati, jantung dan lain sebagainya. Apa yang menyebabkan para penderita asam urat sangat dilarang mengonsumsi makanan ini? Mengonsumsi jeroan bagi penderita asam urat sejatinya meningkatkan kadar asam urat tersebut, hal itu karena jeroan mengandung purin. Purin adalah senyawa dalam makanan yang akan berubah menjadi asam urat. Selain asam urat, jeroan juga sangat tidak dianjurkan dikonsumsi penderita kolesterol. Pasalnya dengan mengonsumsi jeroan kadar kolesterol dalam tubuh anda akan semakin meningkat, hal itu karena kolesterol pada hewan akan tersimpan pada organ hati.

Mengonsumsi Seafood (makanan laut)

Makanan laut memang banyak mengandung vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh, makanan laut yang kerap dikonsumsi seperti sarden, makerel, tuna, kerang dan ikan laut lainnya ternyata juga banyak mengandung purin. Purin tersebutlah yang akan memperparah kondisi asam urat jika anda mengonsumsi makanan laut tersebut. Makanan laut lain yang juga tinggi purin dan meningkatkan kadar kolesterol tubuh adalah lobster. kandungan kolesterol pada lobster sangat tinggi terutama yang diolah dengan cara digoreng. Jadi sebaiknya untuk menghindari tingginya kadar kolesterol dan asam urat sebaiknya hindari mengonsumsi makanan-makanan seafood tersebut.

Mengonsumsi Daging

Selain jeroan dan seafood, daging juga termasuk dalam kategori makanan yang dapat memperburuk kondisi asam urat. Hal itu karena daging juga memiliki kandungan purin serta mampu meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Segala jenis daging banyak mengandung purin terutama jenis daging merah, selain di dalam daging, lemak yang menempel pada daging juga tidak baik untuk kolesterol. jadi sebaiknya untuk mencegah asam urat dan kolesterol semakin parah hindari mengonsumsi daging merah, dan hindari mengonsumsi daging dengan cara menggorengnya.

Mengonsumsi Kacang-kacangan

Bagi anda penderita asam urat, selain makanan di atas sebaiknya hindari dan kurangi mengonsumsi makanan yang terbuat dari kacang-kacangan. Karena dalam makanan yang terbuat dari segala jenis kacang sangat tinggi kandungan purin di dalamnya. Purin sendiri adalah zat yang akan membuat kondisi asam urat anda semakin parah dan memburuk. Jadi meskipun kaya protein, kacang-kacangan juga tinggi purin yang sebaiknya jangan anda konsumsi ketika anda menderita penyakit asam urat.

Selain tidak boleh mengonsumsi makanan-makanan di atas, bagi penderita asam urat sebaiknya juga harus memperhatikan pola hidup dan gaya hidup sehari-hari. Dengan memperbanyak mengonsumsi minuman atau makanan dalam bentuk cairan seperti jus akan menurunkan kadar purin dalam tubuh anda. Tidak mudah untuk patuh dan tidak mengonsumsi makanan pantangan di atas, namun jika anda ingin penyakit asam urat yang anda derita lekas sembuh sebaiknya patuhi dan hindari mengonsumsi makanan-makanan yang menjadi pantangan tersebut.

Meskipun asam urat tidak termasuk penyakit berbahaya, namunĀ  tingginya kadar kolesterol dalam tubuh dapat memicu beragam penyakit berbahaya seerti jantung dan stroke. Sedangkan penyakit asam urat adalah penyakit yang harus anda hindari dan jauhi segala penyebabnya. Pasalnya banyak aktivitas anda akan terganggu karena penyakit persendian yang satu ini. Dengan menjaga kesehatan dan menjauhi makanan tinggi purin adalah satu cara terbaik agar terhindar dari penyakit asam urat dan kolesterol tersebut.

Comments

comments