Manfaat-Kemoterapi- Manfaat dan Efek Kemoterapi Pada Tubuh

Manfaat Kemoterapi-

Kanker menjadi salah satu penyakit paling berbahaya dan ditakuti, sel kanker pada tubuh memiliki beberapa bagian, ada jenis kanker yang butuh waktu lama untuk berkembang serta ada sel kanker yang hanya membutuhkan waktu singkat untuk berkembang dan merusak sel-sel di dalam organ tubuh kita. Kanker bisa terjadi dan tumbuh di semua bagian organ tubuh, namun hanya beberapa macam kanker yang banyak dijumpai. Penyembuhan kanker memang belum bisa dilakukan secara pasti, apalagi kondisi kanker tersebut sudah terbilang cukup parah. Namun tak jarang pula mereka yang menderita kanker kemudian sembuh. Metode pengobatan kanker paling sering dilakukan adalah kemoterapi, atau yang sering disebut komo. pengobatan kemoterapi untuk penderita kanker baisanya diberikan dalam masa rawat inap atau dalam masa pengobatan rawat jalan.

Perkembangan sel kanker dalam tubuh terkadang memang tak dapat dikontrol dan mampu menyebar ke semua organ tubuh dan membunuh fungsi asli organ di dalam tubuh. Di sinilah fungsi dan tujuan mengapa kemoterapi menjadi pilihan bagi para penderita kanker, terutama kanker yang sudah memasuki fase parah. Pengobatan sistematis menggunakan kemoterapi bertujuan untuk membunuh sel kanker yang ada di dalam tubuh. Tapi sayangnya, di dalam tubuh kita juga terdapat bermacam-macam sel normal yang akan ikut terbunuh oleh pengobatan kemoterapi ini, hal itu karena kemoterapi yang bertujuan membunuh sel kanker tidak dapat membedakan antara sel kanker dan sel normal di dalam tubuh kita. Sehingga tak heran jika kemoterapi memiliki efek samping yang lumayan besar.

Sebelum kita mengulas mengenai efek samping atau dampak dari pengobatan kanker menggunakan kemoterapi ini, ada baiknya mari kita kenali dulu apa saja fungsi dan manfaat sebenarnya dengan metode pengobatan kanker menggunakan kemoterapi. Dan berikut manfaat pengobatan kemoterapi.

Mengobati

Kemoterapi memiliki fungi dan manfaat sebagai obat kanker, yang artinya kemoterapi dilakukan untuk membunuh dan menghancurkan semua sel kanker di dalam tubuh. Jenis kemo juga ada beragam, tergantung dari tipe sel kanker yang ingin di musnahkan.

Mengendalikan

Selain mampu dijadikan sebagai obat pembasmi sel kanker dalam tubuh, kemoterapi juga dapat mencegah penyebaran sel kanker ke bagian tubuh lainnya. Selain itu kemoterapi juga menghambat berkembangnya sel kanker di dalam tubuh.

Meringankan

Kemudian manfaat kemoterapi yang lain adalah mampu meringankan gejala atau rasa sakit akibat kanker tersebut. Dimana penderita yang mempunyai keluhan berupa gejala kanker akan mendapatkan pengobatan untuk meringankan sakit tersebut. Selain itu, kemoterapi juga dapat menahan pertumbuhan sel kanker agar tidak berkembang.

Jadi bisa kita simpulkan bahwa kemoterapi adalah salah satu cara untuk menyembuhkan kanker degan cara membunuh dan menghilangkan sel kanker dalam tubuh. Sel kanker adalah jenis sel abnormal yang mampu berkembang dengan cepat, sehingga pengobatan sel kanker yang tidak optimal dapat memicu timbulnya sel kanker baru di dalam tubuh.

Selain bisa menjadi solusi bagi penderita kanker, kemoterapi juga memiliki efek samping yang tak kalah dengan fungsinya. Seperti yang kita jelaskan di atas bahwa kemoterapi mampu membunuh sel kanker namun tak bisa membedakan antara sel kanker dengan sel normal, sehingga pengobatan kemoterapi juga akan merusak sel normal di dalam tubuh kita. Dan berikut efek samping pengobatan kemoterapi untuk kanker.

Rambut Rontok

Efek samping pertama dari penggunaan kemoterapi adalah kerontokan rambut bahkan hingga kebotakan. Akibat tidak mampu membedakan antara sel kanker dan sel normal, sehingga sel folikel rambut yang merupakan sel dengan proses pembelahan yang cepat menjadi sasaran empuk obat kemoterapi. Karena pada dasarnya kemoterapi akan memangsa pergerakan sel yang memiliki proses pembelahan yang cepat layaknya pada sel kanker.

Selain rambut rontok, masih ada beragam efek samping akibat pengobatan kanker menggunakan metode kemoterapi ini seperti.

  • Mual
  • Diare
  • Alergi
  • Gangguan Kulit
  • Kelelahan
  • Tenggorokan kering
  • Masalah Saraf Otot
  • Masalah Sumsum Tulang
  • Anemia
  • Flu
  • Mudah Infeksi
  • Pendarahan
  • Masalah Pada Organ Intim

Efek samping kemoterapi memang sangat banyak, hal itu karena ketika tubuh dimasuki obat kemoterapi, maka sel pada bagian tubuh yang memiliki sifat seperti sel kanker akan menjadi sasaran obat tersebut, meskipun sel tersebut adalah sel normal. Dan itulah yang menjadi salah satu kelemahan metode kemoterapi ini, obat kemoterapi tidak bisa mengenali dan membedakan antara sel normal dengan sel kanker.

Namun dengan efek samping yang cukup berlimpah tersebut, setidaknya fungsi dan manfaatnya juga sangat sepadan. Coba bayangkan apa jadinya jika sel kanker berhasil berkembang biak di dalam tubuh, tentu hal itu mengakibatkan kematian. Meskipun memiliki efek samping seperti di atas, namun metode pengobatan menggunakan kemoterapi masih tetap menjadi pilihan karena sejauh ini para peneliti masih terus mencari obat yang tepat untuk membunuh sel kanker tanpa memberikan efek samping yang cukup besar terhadap tubuh.

Bagi anda yang tidak ingin mengalami efek samping di atas, sebaiknya sejak dini mari jaga kesehatan dan rubah pola hidup tidak sehat menjadi pola hidup sehat dan bermanfaat. Karena semua jenis penyakit termasuk kanker, disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan yang sering kita lakukan tanpa memedulikan risikonya.

Comments

comments