Vitamin-B Manfaat Vitamin B Bagi Tubuh dan Risikonya Jika Kekurangan

Vitamin B

Tubuh kita sejatinya membutuhkan asupan gizi dan vitamin setiap hari, ada beragam jenis vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk melengkapi kebutuhan semua organ di dalam tubuh. ketika tubuh kekurangan salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan, maka akibatnya organ yang membutuhkan vitamin tersebut tidak mampu bekerja secara optimal dan berdampak pada kesehatan kita. Salah satu vitamin yang harus kita lengkapi setiap hari adalah vitamin B, dimana vitamin B ini sama seperti vitamin C yang merupakan jenis vitamin yang larut dalam air, sehingga vitamin semacam ini tidak akan tersimpan lama di dalam tubuh. Itu sebabnya mengapa kita dianjurkan untuk melengkapi vitamin tersebut setiap hari.

Vitamin B memiliki beberapa macam dan jenis, yang kesemuanya juga memiliki peran berbeda di dalam tubuh. Jenis vitamin B berupa B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9 dan B12. Vitamin B tersebut akan membantu membuat energi dari makanan yang dikonsumsi dalam tubuh serta ikut serta dalam membentuk sel darah merah. Dalam sehari tubuh membutuhkan asupan vitamin B dalam jumlah yang berbeda-beda, namun untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan sebaiknya selalu lengkapi vitamin B dalam tubuh setiap hari. Anda bisa mendapatkan vitamin B dari makanan yang anda konsumsi atau agar lebih maksimal anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin B kompleks untuk melengkapi semua kebutuhan vitamin B harian dalam tubuh anda.

Kekurangan salah satu vitamin B seperti yang sudah kita sebutkan di atas, akan berdampak pada kesehatan. Tubuh akan mengalami kelainan akibat kurangnya asupan salah satu jenis vitamin B di dalamnya. Intinya semua jenis vitamin B sangat dibutuhkan tubuh, sedangkan kekurangan salah satu atau beberapa jenis vitamin B dapat berdampak pada sebuah penyakit yang akan kita derita. Untuk lebih mudahnya mari kita simak penjelasan masing-masing vitamin B dan apa dampaknya jika kekurangan vitamin tersebut.

Vitamin B1

Vitamin B1 adalah varian atau jenis dari vitamin B yang memiliki fungsi cukup besar terhadap kesehatan organ di dalam tubuh. Kekurangan vitamin B1 dapat mengakibatkan anda terkena penyakit beri-beri. Selain itu, penyakit beri-beri itu sendiri sangat berpengaruh terhadap pernapasan, maya serta fungsi jantung. Sehingga ketika anda mengalami penyakit ini maka kemungkinan organ vitamin lainnya juga akan terkena dampaknya. Vitamin B merupakan sebuah vitamin yang dapat mengubah makanan menjadi energi untuk tubuh, sehingga vitamin ini sangat diperlukan sebagai pembuat bahan bakar untuk energi tubuh kita setiap hari. Selain penyakit beri-beri, kekurangan vitamin B juga dapat mengakibatkan kelainan sistem saraf dan gangguan visual serta dapat mengganggu fungsi otak.

Vitamin B2

Sedangkan vitamin B2 memiliki fungsi sebagai pelepas energi tubuh serta membantu proses pertumbuhan sel dan menjaga kesehatan kulit, maka dan saraf. Kekurangan vitamin B2 membuat tubuh anda akan mengalami anemia, mata merah, infeksi mulut dan beberapa penyakit lain. Vitamin B2 juga merupakan vitamin yang berperan penting terhadap proses nutrisi di dalam tubuh, sehingga kekurangan vitamin B2 akan mengakibatkan tubuh kekurangan nutrisi lainnya.

Vitamin B3

Fungsi vitamin B secara keseluruhan hampir sama, hanya saja memiliki beberapa perbedaan dalam berperan menjaga kesehatan dan melengkapi asupan vitamin di dalam tubuh. Kekurangan vitamin B3 dapat mengakibatkan masalah pencernaan, kelelahan, muntah dan depresi. Selain itu, kondisi kekurangan vitamin B3 yang cukup parah mampu mengakibatkan gangguan pada kulit, sistem pencernaan serta gangguan sistem saraf dalam tubuh. Jika terus dibiarkan, dampak kekurangan vitamin B3 dapat berujung kepada kematian.

Vitamin B5

Vitamin B5 adalah jenis vitamin B yang paling mudah ditemukan, vitamin B5 terdapat pada semua jenis sayuran yang kita konsumsi, sehingga sangat jarang ditemui masalah kekurangan vitamin ini. Namun jika memang ada orang yang mengalami kekurangan vitamin B5 maka akibatnya dapat mengalami sakit kepala, masalah otot, kelelahan, masalah pencernaan serta mudah marah. nah agar anda tidak termasuk orang yang kekurangan vitamin B5 ini sebaiknya rutin konsumsi sayuran setiap hari.

Vitamin B6

Kekurangan vitamin B6 dalam tubuh terbilang cukup berbahaya dan berisiko, pasalnya orang yang kekurangan vitamin ini dapat mengakibatkan gangguan kulit, anemia dan mudah terkena infeksi. Selain itu kekurangan vitamin B6 dalam jangka panjang dapat memicu risio kanker usus serta kemungkinan timbul sel kanker di bagian tubuh juga tinggi.

Vitamin B7

Vitamin B7 sama dengan jenis vitamin B5 yang sangat langka orang kekurangan vitamin jenis ini. Namun kebanyakan orang yang kekurangan vitamin B7 adalah ibu hamil, kekurangan vitamin B7 dapat mengakibatkan gizi buruk, serta penurunan berat badan. Selain itu kekurangan vitamin B7 dapat mengakibatkan rambut rontok, ruam di sekitar mulut dan mata, kulit kering dan lain sebagainya.

Vitamin B9

Kekurangan vitamin B9 juga sama dengan vitamin B7 yang kerap terjadi selama masa kehamilan, karena kekurangan vitamin ini dapat menurunkan jumlah sel darah merah pada janin, serta dapat mengakibatkan anemia. Kondisi tubuh yang kekurangan vitamin B9 dapat mengakibatkan sariawan, pertumbuhan buruk, rambut beruban, mudah kelelahan serta lidah bengkak.

Vitamin B12

Vitamin B12 erat sekali hubungannya dengan sel darah merah, pasalnya vitamin B jenis ini merupakan salah satu vitamin yang ikut membantu pembentukan sel darah dalam tubuh. Sehingga kekurangan vitamin B12 dapat mengakibatkan anda terkena anemia, gangguan nafsu makan, masalah jantung dan susah BAB. Ketika kadar kekurangan vitamin B12 sudah cukup parah maka hal itu dapat mengakibatkan sensasi mati rasa dan gatal pada kulit. selain itu risiko terserang penyakit jantung dan stroke juga tinggi jika kekurangan vitamin yang satu ini.

Nah, agar terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan akibat kekurangan vitamin B, maka sebaiknya lengkapi kebutuhan vitamin B harian anda, dan jangan pernah mengabaikan kebutuhannya dalam sehari. Untuk melengkapi vitamin B kompleks tersebut anda bisa mengonsumsi suplemen makanan yang memang memiliki kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Comments

comments