Mati-Rasa-Pada-Wajah- Mati Rasa Pada Wajah Menandakan Anda Menderita Penyakit Ini

Mati Rasa Pada Wajah-

Mati rasa atau kesemutan biasanya memang kerap kita alami, terutama di bagian tubuh seperti tangan, kaki, dan jari. Namun ada kondisi dimana rasa kesemutan tersebut bisa terjadi pada bagian tubuh yang tidak wajar, seperti wajah dan bagian tubuh lainnya. Ketika anda mengalami seolah mati rasa khususnya pada area wajah maka kemungkinan besar ada gejala penyakit yang sedang terjadi pada tubuh anda. Biasanya mati rasa pada bagian wajah memang bukan keadaan yang umum terjadi, wajah mengalami mati rasa akibat adanya kerusakan pada saraf. Mati rasa pada wajah bisa terjadi di beberapa bagian wajah, baik sebelah atau keseluruhan bagian wajah. Namun mati ras ayang kerap dialami adalah mati rasa hanya pada satu bagian wajah saja.

Ketika anda mengalami mati rasa pada bagian wajah tertentu, maka seakan bagian tersebut tidak dapat merasakan apapun layaknya kesemutan atau kebas. Hal ini bisa terjadi akibat pertanda bahwa ada semacam penyakit yang sedang anda derita dan tidak anda ketahui. Karena sejatinya, bagian tubuh akan secara otomatis memberikan respons tertentu apabila adanya masalah atau kelainan di dalam tubuh. Dan pada kejadian mati rasa pada wajah, menang terkadang tidak memerlukan perawatan tertentu, hal itu karena mati rasa tersebut hanya berupa tanda bahwa anda sedang menderita penyakit tertentu. Namun ada juga sebagian orang yang mengalami mati rasa hingga wajah terasa lumpuh, dan pada kasus ini maka diperlukan konsultasi ke dokter untuk penanganan kelainan tersebut.

Namun sebelum anda memastikan apakah mati rasa bagian wajah yang kerap anda alami adalah sebuah masalah kesehatan yang berbahaya atau bukan, sebaiknya ketahui dulu tentang penyakit apa yang kemungkinan anda derita ketika kerap mengalami mati rasa pada wajah.

Penyakit Migrain

Kondisi penyakit yang kemungkinan anda derita ketika mengalami mati rasa pada wajah adalah migrain, dimana ada jenis migrain yang cukup langka bernama migrain hemiplegia, migrain jenis ini cukup berbahaya dan serius. pasalnya gejalanya hampir menyerupai dengan stroke yang mampu membuat otot melemah dan mengakibatkan kelumpuhan pada satu bagian sisi tubuh. Selain mati rasa pada area wajah, akibat migrain hemiplegia juga dapat membuat bagian tubuh lain ikut mati rasa seperti lengan, kaki hingga hilangnya keseimbangan. Selain mati rasa, rasa pusing, mual dan muntah juga akan anda rasakan kala menderita migrain jenis ini.

Bell’s Palsy

Kelainan ini merupakan kelainan yang memang berpusat pada area otot wajah, saraf dan bertugas mengendalikan wajah mengalami kerusakan yang disebabkan oleh infeksi virus atau peradangan. Ketika anda mengalami penyakit Bell’s Palsy ini oto bagian wajah menjadi lemah dan kendur, sehingga hanya untuk menutup satu mata saja anda tidak bisa serta timbul rasa nyeri di bagian satu sisi wajah. Selain itu, penyakit ini juga akan memiliki gejala lain seperti nyeri di bagian telinga belakang hingga bagian leher.

 

Penyakit Stroke

Ketika anda menderita penyakit stroke, tak hanya akan merasa mati rasa pada bagian wajah saja, melainkan anggota tubuh lain juga akan mengalami hal serupa. Kondisi stroke terjadi akibat pasokan darah ke otak mengalami gangguan, sehingga otak tak mendapat oksigen dan nutrisi yang kemudian sel-sel pada otak mulai mengalami kelainan dan mati. Akibat kerusakan sel tersebut menimbulkan gejala kelumpuhan di bagian tubuh seperti wajah, lengan, kaki hingga kesulitan untuk berbicara. Maka tak heran jika pasien stroke akan mengalami kelumpuhan satu bagian tubuhnya, hal itu karena sel-sel dalam otaknya sudah mengalami kerusakan dan tidak berfungsi secara normal.

Penyakit Diabetes

Dan yang terakhir, kemungkinan penyakit yang ada derita ketika mengalami mati rasa pada wajah adalah penyakit diabetes. Dimana ketika kadar gula darah dalam tubuh meningkat maka sel-sel yang membentuk jaringan otot akan mengalami kelainan dan bahkan kerusakan. Seseorang yang mengalami diabetes bisanya juga kerap memiliki gejala sering kehausan, sering buang air kecil, berat badan menurun dan bahkan ada beberapa penderita diabetes yang memiliki gejala mati rasa pada bagian wajah, lengan hingga kaki. hal itu karena sek-sel dan otot dalam tubuh sudah tak lagi mendapat asupan nutrisi akibat tingginya kadar gula darah dalam tubuh.

Jadi tak sertamerta anda harus khawatir ketika anda mengalami mati rasa pada wajah, anda hanya perlu melakukan pemeriksaan guna mengetahui penyakit apa sebenarnya yang anda derita dengan gejala mati rasa pada wajah tersebut. dan ketika sudah mengetahui penyakit yang anda derita maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengobatan dan perawatan.

Karena penyakit yang kemungkinan anda derita ketika merasakan mati rasa pada wajah termasuk pada kategori penyakit-penyakit berbahaya yang dapat mengakibatkan kematian. Sebaiknya agar terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan dan tubuh, perhatikan dan rubah pola hidup anda menjadi pola hidup sehat agar terhindar dari beragam penyakit berbahaya.

Comments

comments