Mencegah-Gusi-Berdarah- Penyebab dan Cara Mencegah Gusi Berdarah

Mencegah Gusi Berdarah-

Area dalam mulut memiliki beberapa bagian organ penting seperti gigi, lidah dan gusi. Tak heran jika organ di dalam mulut tersebut mudah mengalami masalah, hal itu karena organ mulut adalah salah satu organ yang selalu beraktivitas setiap harinya, mulai dari mengunyah makanan, berbicara dan lain sebagainya. Gusi adalah lapisan yang melindungi akar gigi serta sebagai penopang gigi dalam mulut. Selain gigi, gusi juga kerap mengalami masalah seperti berdarah, bengkak dan lain sebagainya.

Gusi berdarah adalah kejadian dimana gusi mengeluarkan darah yang disebabkan oleh berbapa faktor. Salah satu penyebab utama gusi berdarah adalah adanya masalah pada gusi tersebut. Selain itu, gusi berdarah juga bisa menjadi gejala atau tanda bahwa tubuh anda sedang mengalami masalah kesehatan. Penyebab paling umum gusi berdarah adalah karena menggosok terlalu kuat, penumpukan plak gigi, perubahan hormon dan lain sebagainya. Menjaga kesehatan mulut tidak sertamerta harus menjaga lidah dan gigi saja. Gusi juga sangat penting untuk diperhatikan. Pasalnya tanpa gusi, gigi dalam mulut anda tidak akan mampu berfungsi secara normal. Selain memerhatikan kesehatannya, memerhatikan kebersihan mulut serta mengangkat plak gigi juga sangat baik untuk merawat kesehatan gusi anda.

Kejadian gusi berdarah biasanya terjadi tanpa disadari, misalnya ketika sedang mengonsumsi makanan, atau sedang menggosok gigi dan lainnya. Mencegah gusi berdarah memang sangat diperlukan, pasalnya kondisi gusi yang terus berdarah dalam jangka panjang, tak hanya akan menyulitkan anda. Namun mulut dan gigi juga akan terkena risikonya. Dan berikut berhasil kamu rangkum beberapa penyebab gusi berdarah.

Penyebab Gusi Berdarah

  1. Adanya kelainan pada gusi.
  2. Perubahan hormon bagi ibu yang sedang hamil.
  3. Kesalahan pemasangan gigi palsu atau aksesoris gigi.
  4. Membersihkan sela gigi menggunakan benang yang tidak tepat
  5. Infeksi di area dalam mulut.
  6. Akibat penyakit Leukemia atau kanker darah.
  7. Akibat penyakit scurvy dan kekurangan vitamin C.
  8. Karena mengonsumsi obat pengencer darah.
  9. Tubuh kekurangan vitamin K

Jadi selain karena menggosok gigi terlalu kasar, penyebab terjadinya gusi berdarah sangat beragam. Mulai dari adanya infeksi, hingga akibat kekurangan vitamin K mampu membuat gusi anda berdarah. Nah bagi anda yang mengalami masalah gusi berdarah, kali ini kami akan menjelaskan mengenai berbagai masalah mengenai gusi berdarah.

Setelah memperhatikan apa saja yang dapat menyebabkan gusi berdarah, maka selanjutnya agar kita terhindar dari masalah gusi berdarah maka cara yang harus kita ketahui selanjutnya adalah cara mencegah gusi berdarah. Hal itu bertujuan agar kita dapat terlindungi dan terhindar dari masalah Gusi Berdarah.

Mencegah Gusi Berdarah

Sebelum terlanjur memiliki masalah pada gusi, sebaiknya lakukan beberapa pencegah agar terhindar dari gusi berdarah. Tips dan cara mengatasi gusi berdarah ada beberapa macam cara yang bisa anda aplikasikan. Dan berikut cara mencegahnya.

  1. Hindari menggosok gigi terlalu keras, serta ganti sikat gigi anda dengan sikat gigi yang berbulu lembut sehingga terhindar dari gusi berdarah.
  2. Gunakan obat kumur setiap hari, agar kondisi mulut tetap sehat dan bersih. Anda bisa menggunakan obat kumur antiseptik. dan sebaiknya hindari obat kumur yang mengandung alkohol karena hal itu dapat memicu gusi berdarah.
  3. lakukan pemeriksaan gigi dan mulut ke dokter gigi. Anda bisa melakukannya per 6 bulan sekali. Sebaiknya jangan lupa untuk membersihkan plak di sela gigi, karena plak gigi juga mampu membuat gusi berdarah.
  4. Hindari mengonsumsi obat aspirin, obat tersebut dapat memicu gusi menjadi berdarah. Aspirin masih bisa anda konsumsi setelah mendapatkan rekomendasi dari dokter.
  5. Perhatikan jenis makanan yang anda konsumsi, makanan yang terlalu keras, panas dan dingin ternyata tak hanya dapat merusak gigi. Namun gusi anda juga rusak jika terus mengonsumsi makanan tersebut.

Selain beberapa cara mencegah di atas, masih ada beberapa cara lain mencegah gusi berdarah seperti, hindari stress, konsumsi banyak air minum, diet seimbang dan lain sebagainya. Karena tak hanya menjaga gusi secara langsung, beberapa penyebab tersebut juga patut untuk diperhatikan. Karena dengan melakukan penyebab gusi berdarah tersebut secara menerus tah hanya akan membuat gusi anda berdarah, namun mampu membuat mulut dan gigi anda mengalami kerusakan.

Jangan pernah anggap sepele masalah gusi berdarah, meskipun hanya sedikit namun anda harus benar-benar mencari tahu penyebabnya. Karena bisa jadi gusi berdarah tersebut adalah gejala atau tanda bahwa di dalam tubuh anda terdapat penyakit lain.

 

Comments

comments