Infeksi-Jamur- Penyebab dan Cara Mengatasi Infeksi Jamur Pada Kulit

Infeksi Jamur-

Penyakit kulit memang bukan jenis penyakit berbahaya, seperti hanya degan jamur kulit. jamur kulit adalah jenis infeksi yang terjadi pada kulit yang dapat mengakibatkan ruam, kemerahan dan terasa sangat gatal. Bagian tubuh yang sering terkena infeksi jamur pun beragam, mulai dari tangan, paha hingga kaki. Penyebab jamur kulit ini beragam, namun biasanya jamur kulit akan berkembang biak pada kulit yang rentan dan mudah terserang bakteri dan jamur tersebut, seperti misalnya kerap beraga di air, tanah serta tidak pernah membersihkan kulit secara hati-hati.

Terjadinya infeksi jamur pada kulit diakibatkan oleh organisme primitif yang banyak hidup di lingkungan sekitar kita. Jamur biasanya hidup di udara, tanah dan air, Namun ada juga sebagian jamur yang terdapat pada hewan. Infeksi jamur baisanya hanya menyerang bagian kulit luar saja, hal itu karena jamur tersebut tersebar di udara sekitar kita. Salah satu faktor utama anda terserang jamur kulit adalah karena tidak pernah membersihkan kulit secara bersih.

Selain itu, orang yang aktif diluar ruangan dan memiliki keringat berlebih juga cenderung lebih rentan terhadap jamur kulit ini. Infeksi jamur kulit dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal usia dan jenis kelamin. Pada kulit bayi pun biasanya sangat rentan terhadap infeksi jamur kulit ini, seperti penggunaan popok serta terkena bakteri jamur di berbagai tempat bermain. Selain itu, para penderita penyakit diabetes juga sangat rentan terkena jamur ini, karena ketika tubuh mengalami diabetes, permukaan kulit akan mudah mengalami luka yang tak kunjung sembuh. Luka tersebut jika tidak dibersihkan secara rutin memicu timbulnya jamur dan berkembang biak pada permukaan kulit.

Lalu bagaimana, cara mengatasinya? Mengatasi infeksi jamur kulit memang tidak terlalu sulit asalkan kita mengetahui apa saja yang menjadi penyebab utama terserang infeksi jamur kulit ini. Dan berikut berhasil kami rangkum, penyebab dan cara mengatasi infeksi jamur kulit yang bisa anda lakukan.

Penyebab Infeksi Jamur Kulit

Ada beberapa penyebab terjadinya infeksi jamur pada kulit, penyebab ini beragam ada yang karena lingkungan, jenis pakaian hingga penyakit tertentu yang anda derita juga dapat memicu timbulnya jamur kulit tersebut. Dan berikut ada beberapa penyebab terjadinya infeksi jamur kulit yang wajib anda ketahui.

  1. Karena Infeksi Sinus\
  2. Gejala Diabetes
  3. Karena penyakit Kanker
  4. Karena Pakaian yang Terlalu Ketat
  5. Berganti Pakaian dengan Orang Lain

Penyebab infeksi jamur kulit yang terjadi tersebut terkadang tak pernah kita sadari. Selain karena tertular dari kulit orang lain, ternyata beberapa penyakit seperti kanker, diabetes dan aids juga dapat menyebabkan infeksi jamur pada kulit anda. Jadi sebaiknya sadari penyebab di atas agar anda mengetahui cara mengatasi infeksi jamur kulit tersebut dengan benar.

Setelah mengetahui beberapa penyebab infeksi jamur kulit di atas, lalau ada beberapa cara mengatasi atau mengobati infeksi jamur kulit tersebut dengan mudah. Cara mengatasi infeksi jamur kulit memang tidak terlalu sulit. Rasa gatal dan tidak nyaman yang diakibatkan jamur tersebut lah yang membuat kita seakan ingin segera terhindar dari infeksi jamur kulit ini, sehingga meskipun tidak terlalu berbahaya, infeksi jamur kulit yang terjadi sebaiknya agar dengan cepat melakukan penanganan dan pengobatan terhadap jamur kulit tersebut.

Cara Mengatasi Infeksi Jamur Kulit

  1. Menggunakan Obat Oles

Obat untuk jamur kulit memang ada dua macam, pertama dengan menggunakan obat oles yang biasanya adalah sejenis salep yang memiliki kandungan membunuh jamur tersebut pada kulit dan bagian luar tubuh kita.

 

  1. Menggunakan Obat Oral

Agar lebih maksimal, kita tidak bisa hanya melakukan pengobatan dengan cara obat oleh saja, melainkan diperlukan juga bantuan obat oral atau obat dari dalam seperti berjenis kapsul, pil, cair dan lain sebagainya. Jadi selain memusnahkan infeksi jamur pada permukaan kulit, menggunakan obat dari dalam juga menjadi salah satu faktor keberhasilan atau kesembuhan infeksi jamur pada kulit

 

Memilih jenis obat untuk mengatasi infeksi jamur kulit baik obat luar maupun dalam perlu diperhatikan dengan seksama. Pilihlah obat infeksi jamur yang sudah terbukti serta obat yang mengandung bahan untuk membunuh dan menghilangkan infeksi jamur pada kulit. Dan pastikan agar tidak menggunakan obat yang membahayakan kulit dan tubuh anda.

 

Secara umum, infeksi jamur kulit memiliki beberapa jenis dan varian. Perbedaan infeksi jamur kulit tersebut dapat dilihat dari bentuk ruam serta bagian tubuh mana yang diserangnya. Setidaknya ada 4 jenis infeksi jamur kulit yang harus ita ketahui. Dan berikut jenis infeksi jamur kulit tersebut.

 

Kandidiasia

Infeksi jamur kulit jenis ini bisanya disebabkan oleh jenis jamur candida, jamur ini muncul di bagian tubuh mana pun dan usia berapa pun. Namun secara umum, jamur candida sangat rentan di bagian tubuh yang hangat dan lembap seperti ketiak dan selangkangan. Gejala jamur ini adalah rasa gatal dan berwarna kemerahan pada kulit.

Infeksi Tinea Cruris

Sama dengan jenis jamur kulit yang pertama, linea cruris juga biasanya muncul di bagian lipatan tubuh serta bagian tubuh yang lembap dan hangat. Gejala yang timbul akibat infeksi jamur tinea Cruris ini adalah rasa gatal kemerahan pada kulit, serta terasa agak perih. dan yang kerap menderita dan mengalami jemur ini adalah remaja atau orang dewasa yang kerap mengenakan celana ketat.

Jamur Tinea Pedis

Dalam bahasa awam, tinea pedis kerap disebut sebagai kurap kaki, gejalanya berbeda dengan jenis jamur lainnya, dimana kulit kaki akan mengalami pecah-pecah, kulit melepuh kemerahan serta terasa perih dan sangat gatal. Jamur ini baisanya terjadi pada sela kaki mereka yang sering menutup kakinya dengan kaus kaki yang lembap.

Infeksi Dematofitosis

Infeksi jenis ini memiliki ciri berbentuk lingkaran kemerahan serta gatal. Biasanya infeksi jamur ini terjadi pada bagian tubuh seperti leher,  wajah, kepala dan bagian tubuh lainnya. Dan jenis infeksi kulit ini biasanya menular melalui keringat dan pakaian yang dikenakan.

Jadi sebelum anda mengetahui cara mengatasi infeksi jamur kulit yang anda alami, ada baiknya anda ketahui dulu jenis infeksi jamur tersebut. Karena dengan mengetahui jenisnnya maka proses pengobatan yang anda lakukan menjadi lebih efektif.

Comments

comments