Lutut-Sakit-Saat-Ditekuk Penyebab dan Cara Mengatasi  Lutut Sakit Saat Ditekuk

Lutut Sakit Saat Ditekuk

Anda mungkin pernah mengalami masalah pada bagian persendian, terutama bagian lutut. Dimana tiba-tiba lutut terasa sangat sakit ketika ditekuk dan sulut untuk digerakkan. Kejadian seperti ini bisa dikatakan anda sedang mengalami cedera lutut atau yang disebut dengan bursitis. Rasa sakit bagian lutut ini biasanya datang dengan sendirinya dan terasa sangat nyeri dan sudah kerap berulang. Nyeri lutut saat ditekuk biasanya akan sering terjadi pada mereka yang memiliki aktivitas berat, seperti atlet dan lain sebagainya. Perlu pertolongan medis ketola kondisi ini terjadi secara tiba-tiba, pasalnya penderita bursitis akan kesulitan melakukan aktivitas dan membutuhkan pertolongan untuk menghilangkan rasa nyeri dan sakit di bagian persendiannya.

Bursitis biasanya terjadi pada bagian persendian tubuh seperti lengah, pergelangan kaki, lutut hingga bahu. Hal itu karena bursitis adalah terjadinya peradangan dan pembengkakan di area busae, bursae merupakan bantalan di sekitar sendi yang berisi cairan, fungsi bursae melindungi dan mengelilingi tendon, jaringan otot dan kulit yang menempel pada tulang. Mereka yang cenderung akan mengalami kelainan bursitis adalah orang yang sering melakukan gerakan berulang pada area persendian tubuhnya.

Kondisi lutut sakit saat diketuk memang semacam cendera yang terjadi ada bagian persendian terutama bagian lutut, dimana cedera ini bisa sangat parah juga bisa cukup ringan. Kerusakan arena bantalan pada lutut atau yang disebut bursea dapat mengakibatkan rasa nyeri yang luar biasa, terjadi pembengkakan serta menjadi kemerahan pada area kulit persendian tersebut. jika hal itu terjadi, itu artinya bursae anda mengalami kerusakan dan diperlukan perawatan dan penanganan tepat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Penyebab utama kerusakan bursae atau rasa sakit saat menekuk lutut adalah akibat kegiatan olahraga yang terus menerus, sering menekuk lutu, infeksi, menggunakan lutut sebagai tumpuan dalam waktu lama dan lain sebagainya. yang intinya, kerusakan bursea pada persendian disebabkan karena adanya kesalahan aktivitas pada bagian persendian tersebut.

Sakit lutut saat ditekuk atau bursitis ini bisa diderita oleh siapa saja, namun yang paling sering mengalaminya adalah karena faktor usia, kebiasaan, pekerjaan serta kondisi medis. Selain itu, mengalami nyeri dan sakit saat lutut ditekuk juga bisa terjadi pada mereka yang mengalami penyakit asam urat, diabetes dan penyakit lainnya. Jika mash dalam kondisi yang ringan anda masih bisa melakukan pengobatan sendiri untuk menghilangkan rasa nyeri tersebut, namun apabila rasa nyeri bagian lutut tersebut ditandai dengan bengkak dan kemerahan, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan dan pengobatan medis. Dan berikut cara mengatasi lutut sakit saat ditekuk.

Istirahatkan Diri

Ketika anda mengalami cendera bagian lutut seperti di atas, maka langkah pertama yang bisa anda lakukan sendiri adalah dengan mengistirahatkan sendi anda dari aktivitas yang sebelumnya sedang anda lakukan. Agar kondisi nyeri dan pembengkakan tidak semakin parah anda bisa juga dengan menggunakan bantalan untuk menjaga lutut. Selain itu untuk mengurangi pembengkakan anda bisa menggunakan es batu dan kompres bagian yang bengkak dengan handuk selam lebih kurang 15 menit. Sebaiknya lakukan kompres setiap beberapa jam agar nyeri dan bengkak pada lutut bisa kembali reda.

Dengan Cara Aspirasi

Cara dan metode yang selanjutnya untuk mengatasi masalah lutut sakit saat ditekuk adalah aspirasi, dimana dilakukan prosedur penyedotan cairan pada bursae agar menghilangkan rasa sakit agar lutut bisa digerakkan kembali. Pada saat anda menjalani pengobatan ini, maka sebaiknya hindari melakukan kegiatan berat selama beberapa hari ke depan, hal itu agar keadaan lutut anda benar-benar pulih.

Menggunakan Antibiotik

Jika rasa sakit lutut yang ditekuk akibat infeksi, maka cara mengatasinya adalah dengan memberikan antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab infeksinya. Biasanya anda hanya akan diberi obat antibiotik dan mengajurkan untuk mengonsumsinya selama beberapa hari.

Dengan cara Operasi

Pengobatan yang terakhir setelah dilakukan prosedur pengobatan seperti sebelumnya, atau jika kondisi bursae anda sudah cukup parah adalah dengan melakukan operasi. Dimana dokter akan mengangkat bursae pada lutut anda dengan membuat luka kecil guna mengeluarkan cairan di dalamnya. Dengan mengeluarkan cairan di dalam bursae bertujuan agar pembengkakan dan rasa nyeri berkung dan mengembalikan kondisi persendian.

Kejadian lutut sakit ketika ditekuk memang tak sertamerta itu karena buristis, namun kondisi terbut bisa jadi karena disebabkan oleh berbapa cedera lainnya seperti cedera tempurung lutut, ligamen serta bisa juga akibat mengalami penyakit lain di dalam tubuh. Jadi sebaiknya ketika anda mengalami hal seperti ini, segera lakukan pemeriksaan jika memungkinkan, dengan tujuan untuk mengetahui kelainan apa yang sedang terjadi pada lutut anda.

Comments

comments