Mengulas Secara Tuntas Penyebab Sakit Stroke dan Cara Pencegahanya

mencegah-stroke Mengulas Secara Tuntas Penyebab Sakit Stroke dan Cara Pencegahanya

Penting sekali buat Anda untuk mengetahui sejak dini tentang penyebab sakit stroke. Penyakit stroke ini merupakan penyakit pembuluh darah otak yang telah ditandai dengan adanya reaksi di jaringan otak akibat dari adanya penyempitan, penyumbatan, atau pun pecahnya pembuluh darah di otak, sehingga menjadikan pasokan darah serta oksigen yang menuju ke otak jadi berkurang serta bisa menimbulkan kerusakan atau pun matinya sel saraf di otak. Saat ini jumlah penderita penyakit stroke di Indonesia sendiri semakin meningkat, dan penyakit stroke ini juga merupakan penyakit yang sangat berbahaya, sebab dapat sebabkan kelumpuhan pada bagian tubuh, hingga kematian.

Adapun bila penderita bisa diselamatkan umumnya akan mengalami gangguan kelumpuhan pada sebelah anggota badannya, hilangnya sebagian ingatan, atau pun kemampuan untuk bisa berbicara. Penyakit stroke ini sendiri mempunyai 2 jenis diantaranya stroke iskemik dan juga stroke hemorragik. Untuk penyakit stroke iskemik ini terjadi saat darah yang akan menuju ke otak terhentikan yang disebabkan oleh penumpukan kolesterol di dinding pembuluh darah. Sedangkan untuk penyakit stroke hemorragik ini sendiri adalah pembuluh darah yang telah pecah, sehingga sebabkan aliran darah jadi tidak normal dan bisa membuat darah merembes di darah bagian otak.

Penyebab utama sakit stroke yang harus diwaspadai

Penyakit stroke ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya faktor resiko perilaku dan juga resiko medis. Faktor resiko medis ini bisa memperparah kondisi penyakit stroke yang merupakan penyakit kolestero, hipertensi, gangguan jantung, arteriosklerosis, migren, dan juga faktor keturunan. Akan tetapi, untuk faktor yang paling beresiko sebabkan sakit stroke adalah hipertensi dan juga arteriosklerosis.

Selain itu, faktor resiko perilaku juga bisa jadi penyebab penyakit stroke yang telah disebabkan oleh pola makan serta gaya hidup yang tidak sehat, seperti halnya dengan kebiasaan merokok, senang mengkonsumsi makanan cepat saji atau instan, dan juga minum alkohol. Selain hal tersebut, faktor resiko perilaku juga dapat dipengaruhi karena kurang gerak atau pun olahraga serta suasana hati yang sering merasakan tidak nyaman.

Cara pencegahan sakit stroke

  • Cara pencegahan sakit stroke yang pertama adalah selalu melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin dan teratur, cara ini adalah bagian paling vital untuk mencegah penyakit stroke. Sebab dengan mlakukan pemeriksaan tekanan darah Anda jadi tahu langkah apa yang nantinya harus Anda lakukan. Bila memang tekanan darah Anda tinggi, maka Anda harus melakukan usaha untuk bisa menurunkan, begitu pun sebaliknya.
  • Pencegahan penyakit stroke selanjutnya adalah dengan berhenti merokok. Menurut penelitian 33 persen seseorang yang merokok bisa sebabkan resiko terkena penyakit stroke. Maka dari itulah, buat Anda yang saat ini jadi perokok aktif, ada baiknya mulai menghilangkan kebiasaan buruk tersebut untuk menjaga kondisi kesehatan Anda.
  • Cara mencegah penyakit stroke berikutnya adalah dengan rutin berolahraga. Cara sederhana ini bisa mencegah terjadinya obesitas, sebab memiliki berat badan yang ideal bisa menurunkan resiko terkena penyakit stroke.

Faktor resiko penyumbatan pembuluh darah akibat sakit stroke

Masalah kolesterol

Kolesterol yang tinggi adalah salah satu pemicu utama seseorang terkena penyakit stroke. Biasanya ada beberapa cara menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh, seperti mengkonsumsi buah dan sayur, menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh, dan minum air putih yang cukup.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi

Hipertensi ini sendiri bila tidak bisa diatasi dengan baik maka akan memperburuk kesehatan tubuh Anda. Menjauhi rokok, menerapkan pola hidup sehat, rutin olahraga, dan menjauhi makanan kaya lemak jenuh ternyata sangat efektif untuk mencegah penyakit tersebut.

Kurangi konsumsi alkohol

Tahukah Anda bahwsannya narkotika bisa tingkatkan resiko sakit stroke. Oleh sebab itulah ada baiknya Anda hindari narkotika tidak terkecuali dengan minuman beralkohol. Apabila Anda sudah kecanduan, maka Anda dapat menguranginya sedikit demi sedikit, setidaknya tidak lebih dari 2 takaran dalam 1 harinya.

Demikianlah tadi penyebab sakit stroke dan cara pencegahannya yang bisa kami informasikan, semoga saja bisa bermanfaat bagi para pembacanya.

Comments

comments